Indikator Keberhasilan Pembangunan

 a. Pertumbuhan Ekonomi Sebuah paradigma pembangunan yang berkembang saat ini ialah pertumbuhan ekonomi. Jika pertumbuhan ekonomi dalam suatu negara dapat dikatakan maju atau meningkat, pembangunan yang dilakukan oleh negara tersebut dapat dikatakan berhasil (Fitriyani & Rasaili, n.d.). Aspek yang diukur dalam pertumbuhan ekonomi ialah produktivitas masyarakat ataupun produktivitas negara setiap tahunnya yang diukur dengan besarnya Gross National Product (GNP) negara yang bersangkutan. GNP mengukur hasil produksi keseluruhan dari suatu negara yang jumlah penduduk setiap negara berbeda-beda. Agar dapat membandingkan keadaan pertumbuhan ekonomi suatu negara dengan negara lainnya, digunakan income per kapita (GNP dibagi dengan jumlah penduduk) (Fuady, 2013). Dengan menggunakan cara tersebut, dapat dilihat seberapa besar produksi atau pendapatan rata-rata setiap orang. b. Pemerataan Distribusi Pendapatan (Rasio Gini) Rasio Gini digunakan sebagai salah satu cara mengukur keberhasilan pe

Interaksi sosial

Interaksi sosial merupakan hubungan yang dinamis antara orang - perorangan, kelompok dengan kelompok manusia,maupun antara perorangan dengan kelompok termasuk juga akibat dari hubungan tersebut. Interaksi sosial merupakan bentuk umum dari proses sosial karena interaksi sosial menjadi syarat utama terjadinya aktifitas - aktifitas sosial.
   Ciri - ciri interaksi sosial adalah adanya  dua orang pelaku atau lebih,adanya hubungan timbal balik antara pelaku, diawali dengan kontak sosial baik secara langsung maupun tidak langsung,  adanya dimensi waktu yang menentukan sifat hubungan timbal balik yang sedang berlangsung dan adanya tujuan dari masing - masing pelaku.
     Syarat terjadinya interaksi sosial adalah kontak dan komunikasi. Suatu kontak dikatakan bersifat primer apabila pihak - pihak yang mengadakan hubungan bertemu dan bertatap muka, sedangkan pada kontak yang bersifat sekunder memerlukan adanya perantara. Selain itu kontak sosial juga bersifat positif dan negatif. Bersifat positif apabila kontak yang terjadi mengarah pada terjadinya kerjasama sedangkan kontak yang bersifat negatif mengarah pada suatu pertentangan bahkan menyebabkan tidak terjadinya suatu interaksi sosial.
   Adapun makna penting dari komunikasi adalah seseorang memberikan tafsiran pada orang lain sehingga terjadi aksi dan reaksi. Terdapat lima unsur komunikasi yaitu : komunikator,komunikan,pesan,media dan efek.
Faktor - faktor interaksi sosial meliputi sebagai berikut :
IMITASI, yaitu tindakan seseorang meniru orang lain baik sikap,penampilan,gaya hidup bahkan berusaha untuk meniru apa saja yang dimiliki oleh orang lain.
SUGESTI, yaitu suatu rangsangan,pengaruh,tanggapan,atau stimulus yang diberikan seseorang kepada orang lain yang mengakibatkan orang tersebut mengikuti pengaruh itu dan menerima secara sadar atau tidak sadar tanpa berfikir panjang
IDENTIFIKASI, yaitu adanya kecenderungan atau keinginan dalam diri seseorang agar menjadi sama dengan pihak lain yang dimaksud.
SIMPATI, yaitu suatu proses kejiwaan seseorang yang tertarik kepada seseorang atau individu lain.
EMPATI, yaitu simpati mendalam yang sampai dapat mempengaruhi kejiwaan dan fisik seseorang, sehingga seolah - olah turut merasakan apa yang terjadi pada orang lain.

Semoga bermanfaat 

Komentar