Indikator Keberhasilan Pembangunan

 a. Pertumbuhan Ekonomi Sebuah paradigma pembangunan yang berkembang saat ini ialah pertumbuhan ekonomi. Jika pertumbuhan ekonomi dalam suatu negara dapat dikatakan maju atau meningkat, pembangunan yang dilakukan oleh negara tersebut dapat dikatakan berhasil (Fitriyani & Rasaili, n.d.). Aspek yang diukur dalam pertumbuhan ekonomi ialah produktivitas masyarakat ataupun produktivitas negara setiap tahunnya yang diukur dengan besarnya Gross National Product (GNP) negara yang bersangkutan. GNP mengukur hasil produksi keseluruhan dari suatu negara yang jumlah penduduk setiap negara berbeda-beda. Agar dapat membandingkan keadaan pertumbuhan ekonomi suatu negara dengan negara lainnya, digunakan income per kapita (GNP dibagi dengan jumlah penduduk) (Fuady, 2013). Dengan menggunakan cara tersebut, dapat dilihat seberapa besar produksi atau pendapatan rata-rata setiap orang. b. Pemerataan Distribusi Pendapatan (Rasio Gini) Rasio Gini digunakan sebagai salah satu cara mengukur keberhasilan pe

Sosialisasi

Sosialisasi adalah suatu proses belajar seorang anggota masyarakat untuk mengenal dan menghayati kebudayaan masyarakat di lingkungannya dan berlangsung sepanjang hayatnya. Dalam proses sosialisasi seseorang mengalami proses pengolahan dan masukannya nilai dalam dirinya yang disebut dengan internalisasi. Proses internalisasi akan melahirkan suatu sikap dalam diri seseorang, sehingga sosialisasi juga merupakan proses pembentukan sikap dalam diri individu.
Keberhasilan suatu proses sosialisasi dipengaruhi beberapa faktor yaitu kematangan fisik  seseorang, lingkungan atau sarana sosialisasi yang meliputi interaksi dengan sesama,bahasa,kasih sayang dan keinginan yang kuat.
Terdapat dua macam proses sosialisasi yang terjadi tanpa sengaja melalui proses interaksi sosial dan terjadi secara sengaja melalui pendidikan serta pengajaran. Adapun tahap - tahap dalam proses sosialisasi menurut herbert nead adalah tahapan persiapan ( preparatory stage ) tahapan meniru  ( play stage ) tahap siap bertindak  ( game stage ) dan tahapan penerimaan norma kolektif  ( generalized stage )
Semoga bermanfaat  

Komentar