Indikator Keberhasilan Pembangunan

 a. Pertumbuhan Ekonomi Sebuah paradigma pembangunan yang berkembang saat ini ialah pertumbuhan ekonomi. Jika pertumbuhan ekonomi dalam suatu negara dapat dikatakan maju atau meningkat, pembangunan yang dilakukan oleh negara tersebut dapat dikatakan berhasil (Fitriyani & Rasaili, n.d.). Aspek yang diukur dalam pertumbuhan ekonomi ialah produktivitas masyarakat ataupun produktivitas negara setiap tahunnya yang diukur dengan besarnya Gross National Product (GNP) negara yang bersangkutan. GNP mengukur hasil produksi keseluruhan dari suatu negara yang jumlah penduduk setiap negara berbeda-beda. Agar dapat membandingkan keadaan pertumbuhan ekonomi suatu negara dengan negara lainnya, digunakan income per kapita (GNP dibagi dengan jumlah penduduk) (Fuady, 2013). Dengan menggunakan cara tersebut, dapat dilihat seberapa besar produksi atau pendapatan rata-rata setiap orang. b. Pemerataan Distribusi Pendapatan (Rasio Gini) Rasio Gini digunakan sebagai salah satu cara mengukur keberhasilan pe

Norma Sosial

Norma sosial adalah peraturan tentang bagaimana manusia berperilaku dalam kehidupan. Norma merupakan penjabaran nilai - nilai sosial yang bersifat abstrak dan normatif sehingga menjadi bersifat konkret. Norma berfungsi sebagai acuan,  tuntunan dan pedoman tingkah laku manusia dalam kehidupan sehari - hari dalam masyarakat, norma juga berperan sebagai cermin bagi anggota masyarakat mengenai bagaimana seharusnya bertindak dan berperilaku secara pantas.

Berdasarkan tingkatan norma sosial digolongkan sebagai berikut :
A. Cara ( usage ) ,adalah suatu perbuatan tertentu yang dilakukan seseorang dalam suatu masyarakat namun tidak secara terus menerus  contoh : cara makan yang baik menggunakan tangan kanan.
B. Kebiasaan  ( folkways ), adalah suatu perbuatan yang berulang - ulang dan sama yang dilakukan secara sadar dan mempunyai tujuan yang jelas serta di anggap baik dan benar. Contoh : berpamitan dan bersalaman kepada orang tua ketika pergi.
C. Tata Kelakuan  ( mores ), adalah sekumpulan perbuatan yang mencerminkan sifat - sifat tertentu suatu masyarakat yang dilakukan secara sadar sebagai bentuk pengawasan terhadap anggota masyarakat. Contoh : larangan berzina.
D. Adat istiadat  ( coustom ) adalah kumpulan tata kelakuan tertinggi kedudukannya karena bersifat kekal dan terintegrasi sangat kuat terhadap masyarakat yang memiliknya.

Komentar