Lingkungan Sebagai Habitat Hidup Berkelanjutan

 A. Pengertian Lingkungan, Ekosistem, dan Etika Lingkungan Lingkungan hidup adalah suatu ruang yang ditempati oleh makhluk hidup bersama dengan benda hidup dan tak hidup lainnya. Ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Agar ekosistem tersebut terjaga keberlanjutannya diperlukan etika lingkungan. Etika tersebut merupakan nilai-nilai keseimbangan dalam kehidupan manusia dalam interaksi terhadap lingkungan hidupnya yang terdiri atas aspek abiotik, biotik, dan budaya (Marfai, 2013). B. Jenis-Jenis Lingkungan Hidup 1. Lingkungan Biotik Unsur biotik atau unsur hayati adalah unsur lingkungan hidup yang terdiri dari manusia, hewan, tumbuhan, dan organisme kecil yang tidak terlihat. Secara khusus, lingkungan biotik diklasifikasikan menjadi tiga, yaitu produsen, konsumen, dan pengurai. a. Produsen Produsen adalah organisme yang mampu mengubah zat anorganik menjadi zat organik. Produsen mampu membuat makanan sendir

Akhlak harus dari kecil

Dalam kesempatan kali ini saya akan membahas tentang kewajiban seorang anak harus berakhlak yang baik dari kecil hingga besar kenapa harus berakhlak baik dari kecil karena supaya anak tersebut banyak yang suka ketika besarnya dan juga disenangi oleh Tuhannya kemudian disenangi oleh keluarganya dan juga disenangi semua orang dan juga harus menjauhi akhlak yang tidak baik supaya anak tersebut tidak dibenci tidak dibenci oleh keluarganya ataupun semua manusia.
Dalam hal ini sangat dipentingkannya sebuah akhlak lantas apa itu akhlak ? Akhlak adalah sifat seseorang yang sudah terlatih dari sifat tersebut menciptakan perbuatan dengan mudah tanpa disadari kita telah melakukan hal tersebut.
Jadi akhlak itu sesuatu yang melekat di dalam sifat manusia yang dilatih sejak kecil karena ketika seseorang diajarkan akhlak yang baik dari kecil maka sesudah besarnya dia akan baik juga tetapi jika dari kecil diajarkan akhlak yang tidak baik maka sudah besar akan tidak baik juga.
Lantas seperti apakah orang yang beradab baik diantara contoh-contoh orang yang berakhlak baik yaitu seseorang yang bisa menghormati kedua orang tuanya dan juga bisa menghormati gurunya kemudian bisa menghormati orang lain yang lebih besar darinya ataupun kerabatnya yang besar dan juga orang yang berada baik pasti menyayangi keluarganya yang umurnya lebih muda darinya dan setiap orang yang umurnya lebih kecil darinya dia menghormati semuanya.
Dan juga dia selalu berbicara dengan baik dan juga tidak sombong dan juga dia selalu sabar ketika ada cobaan dia juga tidak pernah memutuskan persaudaraan dan juga dia tidak pernah bertarung dengan orang lain dan juga seseorang yang beradab ataupun berakhlak dia tidak pernah berbicara dengan nada tinggi ataupun ketawa.
Kita akan bahas satu persatu tadi dikatakan bahwa orang yang beradab itu selalu menghormati orang tuanya dan gurunya dalam hal ini seorang guru itu harus kita hormati apalagi orang tua yang telah melahirkan kita cara menghormati orang tua diantaranya ketika dia menyuruh kepada kita maka kita harus segera melaksanakannya dan yang lainnya, kemudian kita juga harus menghormati seorang guru caranya yaitu bisa dengan menjalankan perintah guru dan tidak melanggar aturan guru selain hal itu cara menghormati orang tua dan guru kita juga memberikan akhlak yang baik ketika ada di depan mereka ataupun tidak ada contoh dengan memberikan kata-kata yang sopan dan juga tingkah laku yang sopan kepada mereka.

Komentar