Lingkungan Sebagai Habitat Hidup Berkelanjutan

 A. Pengertian Lingkungan, Ekosistem, dan Etika Lingkungan Lingkungan hidup adalah suatu ruang yang ditempati oleh makhluk hidup bersama dengan benda hidup dan tak hidup lainnya. Ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Agar ekosistem tersebut terjaga keberlanjutannya diperlukan etika lingkungan. Etika tersebut merupakan nilai-nilai keseimbangan dalam kehidupan manusia dalam interaksi terhadap lingkungan hidupnya yang terdiri atas aspek abiotik, biotik, dan budaya (Marfai, 2013). B. Jenis-Jenis Lingkungan Hidup 1. Lingkungan Biotik Unsur biotik atau unsur hayati adalah unsur lingkungan hidup yang terdiri dari manusia, hewan, tumbuhan, dan organisme kecil yang tidak terlihat. Secara khusus, lingkungan biotik diklasifikasikan menjadi tiga, yaitu produsen, konsumen, dan pengurai. a. Produsen Produsen adalah organisme yang mampu mengubah zat anorganik menjadi zat organik. Produsen mampu membuat makanan sendir

Sebaran Flora dan Fauna Dunia

1. Persebaran Sistem Bioma
        Sebelum melanjutkan ke persebaran bioma kita harus tahu dulu apa itu bioma ? Menurut Wikipedia Bioma adalah wilayah yang memiliki sifat geografis atau iklim yang sama yang meliputi komunitas tumbuhan, hewan, organisme tanah, bakteri, dan virus. Bioma juga  tersebarnya di daratan bioma juga dibagi berdasarkan vegetasi (kumpulan dari tumbuhan yang hidup bersama) dalam suatu wilayah.
Berikut merupakan penjelasan mengenai beberapa zona vegetasi.
a. Padang Rumput
        Sesuai dengan namanya padang rumput itu hamparan rumput atau disebut dengan stepa tanpa ada pepohonan jadi semua nya di isi oleh rumput saja dan juga ada padang rumput yang ada pepohonannya dinamakan sabana 
padang rumput dibedakan menjadi beberapa macam yaitu
1). Prairie (padang rumput yang amat luas, datar, atau bergelombang tanpa pohon-pohon) terdapat di daerah dengan curah hujan yang berimbang dengan musim panas.
2). Stepa terdapat di daerah dengan curah hujan yang tinggi.
3). Savana/sabana memiliki kesamaan dengan stepa namun sabana tercipta dari tanah yang tidak basah dan biasanya kering pada musim kemarau.
b. Flora Gurun
Pada umumnya flora yang ada di gurun berdaun kecil seperti duri atau tidak berdaun dan memiliki akar yang panjang supaya bisa mengambil air dari dalam tanah contoh flora yang ada di gurun di antaranya kaktus dan pohon kurma.
c. Tundra
Daerah tundra hanya terletak di belahan bumi utara yaitu kutub utara yang pastinya sangat dingin dan juga tumbuhan yang ada di daerah tundra sangat pendek seperti semak dan lumut juga ada tumbuhan semusim yang biasanya berbunga dengan warna yang sangat indah namun waktu pertumbuhannya sangat singkat.
d. Hutan Tropis
Pada hutan tropis banyak pepohonan yang tinggi dan juga tumbuhan liana (tumbuhan yang memanjat ke tumbuhan lain atau buatan manusia ) dan tumbuhan epifit ( tumbuhan yang menumpang pada tanaman lain ) contoh tumbuhan liana rotan dan anggur sedangkan tumbuhan epifit anggrek dan lumut.
e. Hutan Gugur
Hutan gugur banyak tumbuhan berdaun lebar dan menggugurkan daunnya secara musiman di daerah ini selain terdapat padang rumput dan gurun juga terdapat flora seperti bunga sakura dan juga pada hutan gugur terdapat empat musim yaitu musim semi (musim setelah musim dingin yang banyak tumbuh bunga), musim panas (musim setelah musim semi ), musim gugur (peralihan dari musim panas ke musim dingin),musim dingin .
f. Taiga
Taiga merupakan hutan pohon pinus yang daunnya berbentuk seperti jarum, daerah taiga merupakan daerah yang terdiri atas satu spesies pohon, flora yang ada di daerah ini diantaranya yaitu pohon pinus dan cemara.

Komentar